Categories
Uncategorized

Jasa Denah Rumah

Belakangan ini, ada banyak jenis penyedia layanan jasa desain rumah yang bisa kamu pilih. Dari sekian banyak desain hunian, kamu bisa memilih gaya industrial. Desain gaya industrial identik dengan gaya pabrik pada abad ke-19. Meski sekarang banyak pabrik yang tidak memakai desain seperti ini lagi, tidak ada salahnya loh sebagai penyuka seni seperti kamu. Desain interior rumah gaya industrial memiliki ciri khas yang unik.

Walaupun terkesan tua dan kuno, rumah berdesain ini mempunyai sisi hangat bagi para penghuninya. Untuk memahami dan mewujudkan desain industrial, kamu perlu mengetahui karakteristiknya dalam ulasan berikut!

Desain Interior Rumah Gaya Industrial Banyak Menggunakan Material Besi
Ciri khas desain interior bangunan gaya industrial yang pertama adalah banyak menggunakan material besi dalam berbagai furnitur-nya. Dapat dilihat dalam contoh-contoh gambar desain bergaya industrial hampir semua furnitur berbahan dasar besi. Akan tetapi, material tersebut sebenarnya dapat diganti dengan material lain seperti timah atau baja.

Untuk material sendiri bisa disesuaikan dengan jenis material yang cocok dengan kebutuhanmu. Hanya saja sebagai bahan pertimbangan, pilihlah warna bernada dingin namun tegas, seperti misalnya abu-abu, hitam, atau warna netral lainnya.

Sebenarnya, furnitur untuk rumah gaya industrial yang berbahan besi tak melulu harus berwarna gelap. Namun, pilihlah warna yang sesuai dengan furnitur lain di ruangan tersebut, seperti misalnya dengan warna sofa, atau warna dinding pada ruangan tersebut.

Kunci rumah bergaya industrial tidak terletak pada furnitur, melainkan padanilai kesederhanaan. Kamu tak perlu membutuhkan banyak barang untuk diletakkan di suatu ruangan hanya untuk menghadirkan kesan industri. Cukup pergunakan barang-barang lama, akan menghadirkan kesan industrial juga, lho.

Bahkan, rumahmu yang sudah bergaya vintage juga bisa disisipi dengan desain interior gaya industrial, lho. Caranya hanya dengan menggunakan banyak furnitur besi, seperti lampu gantung, rail tangga, atau sekadar handel pinu rumah.

Terdapat Sentuhan Kayu

Selain besi, agaknya material kayu juga menjadi salah satu essent yang wajib didatangkan dalam rumah gaya industrial. Tidak usah menggunakan kayu yang baru, kayu unfinished atau kayu yang sudah lama justru memberikan nilai plus bagi rumahmu. Kayu yang sudah lama tentu saja akan menghadirkan kesan khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Dari sekian banyak jenis furnitur dalam rumah bergaya industrial, kamu bisa memilih furnitur mana yang hendak menggunakan material kayu. Salah satu pilihannya ialah lantai. Akan tetapi, penggunaan kayu untuk lantai sebaiknya menggunakan kayu yang baru. Kayu tersebut haruslah sudah dibersihkan dan dipoles sedemikian rupa hingga permukaannya menjadi halus.

Penggunaan kayu baru untuk lantai pada rumah gaya industrial dimaksudkan agar meminimalisir luka pada telapak kaki. Sedangkan kayu bekas, kamu dapat memanfaatkannya untuk kursi, meja, atau peralatan lain yang sekiranya tidak begitu vital.

Bisa juga kamu memanfaatkan kayu untuk langit-langit rumah, hanya saja kamu harus menggunakan jenis kayu yang kuat dan keras. Untuk menambah kesan cozy, tambahkan lampu gantung atau hiasan dari besi.

Gunakan Bata Ekspos untuk Desain Interior Bangunan Gaya Industrial
Semua tentu tahu jika batu bata merupakan bahan dasar pembuat dinding-dinding rumah. Biasanya, batu bata yang telah disusun itu dilapisi dengan semen untuk kemudian diberi cat tembok. Namun, dalam desain interior rumah daya industrial, batu bata tersebut dibiarkan tanpa lapisan semen dan cat lagi.

Lekukan batu bata yang khas dan seksi menambah kesan baru pada dinding rumahmu. Batu bata yang terekspos bisa saja dibiarkan dengan warna alaminya atau diberi tambahan cat tanpa menghilangkan kesan alaminya.

Untuk menyeimbangkan dengan kesan alami lekukan batu bata yang terekspos, ada baiknya diselaraskan dengan dinding berwarna putih agar memberikan kesan yang bersih. Sisakan pula bagian dinding lain yang tidak dicat dengan mulus guna meninggalkan kesan unfinished.

Nah, setelah membaca secara ringkas mengenai desain interior rumah gaya industrial di atas, kamu jadi bisa segera mengaplikasikannya di rumah. Cobalah mulai dengan mencari ide dan inspirasi agar kamu bisa membuat hiasan besi DIY untuk menghadirkan kesan industrial di rumahmu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *